ALIRAN KONTRUKTIVISME DAN ALIRAN FORMALISME

1. Kontruktivisme
            Kontruktivisme berasal dari kontruktiv dan isme. Kontruktiv yang berarti bersifat membina, membangun, dan memperbaiki, sedangkan isme adalah aliran. Jadi, kotruktivisme adalah teori pengetahuan yang bersifat membangun subjek diterima secara aktif dan dibangun oleh pemahaman subjek. Maksudnya disini adalah teori pengetahuan tersebut digali sendiri oleh subjek dari pemahaman subjek setelah mencari sumber-sumber pengetahuan sehingga memungkinkan subjek aktif dalam pembelajaran.
            Saat ini yang mengikuti atau menekan kontruktivisme yaitu Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ini mendidik dan mengajarkan siswa agar lebih berfikir kritis atas pengetahuan yang didapat, mengajarkan siswa menjadi aktif dalam pembelajaran.
            Kontruktivisme yang dikaitkan dengan matematika adalah kontruktivisme sosial. Kontruktivisme sosial yaitu mengacu dalam kenyataan bahwa manusia , peraturan dan kesepakatan merupakan peran kunci dalam mengembangkan dan membenarkan kebenaran matematika.
            Implikasi kontruktivisme dalam pendidikan matematika, yaitu pemandangan kontruktivisme sosial dalam matematika memerlukan pendekatan khusus terhadap pendidikannya, dengan mengkombinasikan dengan seperangkat nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan.
Implikasi dari kontruktivisme, bisa dijabarkan menjadi :
  1. Pemamparan (exposition)
  2. Discussion (diskusi)
  3. Partical Work
  4. Consudation (pemantapan)
  5. Problem Solving
  6. Invastigasi
2. Formalisme

            Suatu aliran yang dikembangkan melalui suatu sistem aksioma yaitu sistem kesepakatan yang disepakati oleh para ahli. Seperti halnya matematika, bagi kaum formalis matematika itu sesungguhnya dikembangkan melalui suatu sistem aksioma. Sifat alami dari matematika itu adalah sistem lambang-lambang yang formal. Mereka percaya bahwa objek-objek matematika itu tidak ada hingga diciptakan oleh manusia melalui sistem aksioma. Semua telah dibuktikan bahwa dengan sistem aksioma, matematika itu konsisten.

Comments (0)